featured-slider

10 film animasi terbaik yang syarat akan makna

Tak bisa dipungkiri bahwa bagi para pecinta film-film salah satu genre yang paling disukai (apalagi anak-anak) adalah genre animasi. Selain menayangkan cerita-cerita yang lebih unik dan seru, film animasi juga dapat membuat daya imajinasi kita lebih berkembang. Film-film animasi juga sudah banyak ditayangkan di televisi-televisi Indonesia.
Namun ternyata beberapa film animasi yang mungkin kalian sukai mempunyai kisah sedih dan menyimpan suatu makna. Berikut diantaranya 10 film animasi yang syarat akan makna:

10. A bug’s live

Kartun ini pasti sudah tidak asing bagi kalian karena hampir setiap hari libur kartun ini pasti ditayangkan di salah satu siaran televisi swasta di Indonesia. Bercerita tentang suatu kawana semut yang dijajah oleh sekelompok belalang, hal itulah yang menyebabkan para semut ini harus mengumpulkan makanan untuk para belalang ini. Namun terdapat seekor semut yang bernama Flik mempunyai pemikiran yang berbeda. Dia selalu ingin membuat perubahan demi masa depan koloninya. Oleh karena itu dia meninggalkan koloninya untuk meminta bantuan kepada serangga-serangga yang lebih kuat. Tokoh Flik tersebut begitu menginspirasi bagi kita agar pantang menyerah dalam membuat suatu perubahan demi kebahagiaan di masa depan.



9. Cars

Animasi yang menceritakan keadaan dunia yang hanya dihuni oleh sekawanan mobil ini mungkin salah satu animasi yang paling disukai. Film ini menceritakan tentang sebuah mobil balap terbaru bernama Lightning yang terjebak disuatu kota kecil bernama Radiator Spring padahal dirinya akan segera melaksanakan balapan dunia. 
kartun yang sudah mengeluarkan tiga sekuel ini secara tidak langsung mengajarkan kepada kita bahwa kita tidak akan meraih kesuksesan tanpa support dari kawan disamping kita, seorang Mcqueen yang tipikal egois dan dan bekerja sendiri pun akhirnya menyadari bahwa dia tidak akan sukses tanpa bantuan dari orang lain. 



8. Ratatouli

Kartun animasi selanjutnya yaitu sebuah kartun yang dibuat tahun 2007. Bercerita tentang Remy seekor tikus yang bercita-cita menjadi koki terkenal karena mengidolakan seorang koki terkenal bernama Auguste Gusteau. Hal itu juga didukung dengan indera penciumannya yang sangat kuat. Namun meskipun begitu hal tersebut terasa mustahil karena dirinya hanyalah seekor tikus, binatang yang paling tidak disukai oleh manusia. Namun impiannya tersebut mulai berhasil setelah dirinya membantu seorang tukang sampah yang baru diterima bekerja bernama Linguini dalam memasak.
Catatan : Kartun ini mungkin mengajarkan kepada kita agar tidak gampang menyerah meskipun kita memiliki banyak kekurangan. Karena bagaimanapun juga kita kita bersungguh-sungguh meraih sesuatu maka hal tersebut pasti akan tercapai.

7. Finding nemo

Selanjutnya terdapat salah satu kartun yang cukup melegenda yaitu finding nemo. Kartun yang menceritakan tentang perjuangan seekor ikan badut bernama Marlin beserta temannya Dory mengarungi samudera untuk menyelamatkan anaknya bernama Nemo yang ditangkap oleh seorang penyelam untuk dijadikan koleksinya.
Catatan : Film animasi ini menunjukan bahwa kasih sayang orang tua tak pernah habis yang rela berkorban dan mempertaruhkan nyawanya demi menyelamatkan anaknya.

6.  Wall-E

Selanjutnya terdapat kartun yang mengisahkan sebuah robot penghancur sampah bernama Wall-E yang tinggal seorang diri di planet bumi karena keadaa bumi yang sudah tidak memungkinkan untuk dihuni yang membuat seluruh umat manusia diungsikan ke pesawat-pesawat luar angkasa. Namun kehidupan Wall-E berubah ketika sebuah Robot Luar angkasa bernama EVE mendatangi bumi.
Catatan : Secara tidak langsung kartun ini menyindir kehidupan manusia di zaman ini yang semakin serakah dan membuat rusaknya bumi. Bukan tidak mungkin kejadian yang terjadi dalam kartun ini dapat menjadi kenyataan.



5. Brave

Kali ini bercerita tentang kartun pemenang Grammy awads tahun 2013. Cerita seorang putri raja dari sebuah klan bernama Merida. Diusianya yang beranjak besar Ayah dan Ibunya menginginkan dirinya menikahi salah satu pangeran dari sekutu klan ayahnya, karena kesal dirinya kabur ke hutan. Namun disana ia malah bertemu dengan seorang penyihir, ia pun meminta mantra kepada penyihir tersebut agar dia bisa merubah ibunya, akhirnya ia pun diberi sebuah kue dan disuruh untuk memberikan kue tersebut kepada ibunya. Namun yang terjadi justru membuat ibunya berubah menjadi seekor beruang. Akhirnya Merida pun harus mencari cara untuk menghilangkan kutukan tersebut.
Catatan : Kartun ini mengajarkan kepada kita bahwa seberapa kesalnya kita terhadap orang tua kita, kita tidak boleh sekalipun kesal terhadap mereka karena hal yang mereka buat pasti demi kebaikan kita sendiri.



4. Monster inc

Dikisahkan disebuah dunia yang dihuni oleh monster. Di dunia tersebut menggunakan teriakan untuk dijadikan sebagai energi. Namun seorang monster bernama Sullivan bersama partnernya Mike wazowski mendapatkan sebuah masalah ketika sorang anak masuk ke dunia monster tersebut. Mereka pun dituntut untuk mengembalikan anak tersebut karena dapat menyebabkan kekacauan di dunia monster tersebut
Catatan : Dari keseluruhan film ini bagian yang paling takkan pernah terlupakan adalah disaat kita menyaksikan akhirnya. Hal itu mengingatkan kepada kita betapa sedihnya disaat kita menghadapi suatu kejadian yang bernama “Perpisahan”




3. Doraemon : Stand by me

Salah satu dari sekian banyak movie kartun Doraemon ini menurut saya mungkin menjadi movie terbaiknya. Karena dalam movie ini diceritakan tentang awal mula doraemon mendatangi nobita untuk membantu kehidupannya. Selain disajikan dalam grafik 3D yang tidak biasa, alur cerita film ini mungkin dapat membuat kalian meneteskan air mata karena ceritanya yang sangat sedih. Tapi disamping itu keseluruhan cerita dari film ini patut diacungi jempol karena memberikan cerita yang menarik tanpa memberikan efek bosan sedikitpun.
Catatan : Mungkin pesan yang dapat saya peroleh dari kartun ini adalah betapa berharganya seorang teman dalam hidup kita karena hanya temanlah yang selalu berada disamping kita disaat senang maupun sedih.




2. Big hero

Kali ini ada sebuah animasi 3D karya Walt Disney Studios yang menceritakan seorang anak bernama Hiro seorang pecinta pertarungan robot yang memiliki seorang kakak bernama Tadashi yang belajar disebuah universitas robot. Karena mengetahui adiknya mempunyai potensi dalam bidang robotik suatu hari Tadashi mengajak Hiro ke universitanya dan disanalah ia bertemu dengan teman-teman Tadashi dan memutuskan untuk ikut belajar disana.
Catatan: setelah sebelumnya kita dipersembahkan tentang arti persahabatan, di film yang satu ini kita akan disuguhkan betapa rasa cintanya kita terhadap seorang kakak yang selalu memotivasi adiknya untuk menjadi orang sukses.




1.   Trilogi Toy story


Dari seluruh film animasi yang pernah saya tonton, mungkin inilah animasi terbaik. Terdiri dari tiga film yang mungkin masih akan dilanjutkan disekuel keempatnya, kisah-kisah yang ada tampak begitu baik dan menarik. Apalagi ditutup dengan cerita perpisahan para mainan terhadap Andy membuat keseluruhan cerita dari film ini tampak sempurna.

Catatan : Begitu banyak pesan yang disampaikan dalam ketiga film ini, namun pesan yang paling mendalam dari film ini adalah seberapa dekatnya kita terhadap orang yang paling penting dalam hidup ini, kita harus ingat bahwa suatu saat kita pasti akan berpisah.
10 film animasi terbaik yang syarat akan makna 10 film animasi terbaik yang syarat akan makna Reviewed by Unknown on Monday, March 20, 2017 Rating: 5
Powered by Blogger.