featured-slider

20 keunggulan-keunggulan pesantren dibandingkan pendidikan formal




Tak bisa dipungkiri bahwa kontribusi pesantren bagi sistem pendidikan di Indonesia sangat berpengaruh terhadap generasi para pemuda bangsa ini. Banyak tokoh-tokoh pahlawan terdahulu yang dulunya adalah seorang kiai seperti Pangeran Diponorogo, Tuanku imam bonjol, Teuku umar, KH Zainal mustafa dll. Begitu juga banyaknya tokoh-tokoh terkenal zaman sekarang yang dulunya adalah seorang santri, sebut saja Gusdur, Ahmad Heryawan dan Abu bakar baasyir.

DI Indonesia pesantren menyebar dimana-mana, utamanya di pulau jawa pesantren sangatlah banyak. Apalagi zaman sekarang sudah banyak pesantren yang bertaraf Boarding School alias pesantren yang dibarengi dengan sekolah formal biasa sehingga membuat para santrinya dapat mengimbangi antara pelajaran sekolah dan pesantren dan membuat mereka lebih berpengetahuan.

Disini saya akan menjelaskan tentang 20 keunggulan pesantren agar kalian dapat termotivasi untuk masuk ke pesantren :

1. Meningkatkan kecerdasan otak
Sistem pengajaran dipesantren sangatlah beda dengan yang diajarkan di sekolah-sekolah. Pelajaran-pelajaran di pesantren menuntut para santrinya untuk mengafal seluruh pelajaran yang telah disampaikan oleh gurunya. Hal tersebut dapat melatih sistem berpikir bagi para santrinya sehingga dapat meningkatkan kecerdasan otak. 
       
       2.  Menciptakan generasi yang lebih disiplin
     Setiap pesantren selalu membuat peraturan agar para santrinya bisa hidup disiplin. Jika melanggar peraturan tersebut tidak jarang para santri selalu mendapatkan hukuman yang cukup berat. Meskipun sedikit kejam tapi hal tersebut adalah cara yang paling ampuh agar para santrinya bisa terbiasa hidup disiplin. 
  
       3.  Melatih hidup mandiri
     Kehidupan yang jauh dari orang tua membuat para santri harus biasa melaksanakan kegiatan sehari-hari sendiri, seperti makan, mencuci baju, menyetrika, membereskan lemari dll. Maka hal itu dapat membuat para santri hidup lebih mandiri.

       4.  Tempat belajar ilmu agama
     Indonesia adalah negara yang paling banyak umat islam di dunia. Tapi banyak orang yang tidak bisa melakukan praktek ibadah dengan baik, bahkan orang dewasa pun tidak sedikit. Oleh karena itu masyarakat Indonesia dituntut untuk masuk ke pesantren agar dapat melakukan ibadah dengan baik dan benar. Karena di pesantren dari pagi sampai malam dilakukan pengajian yang isinya mempelajari ilmu-ilmu agama. 
   
       5.  Terbiasa hidup berkecukupan
      Kehidupan di pesantren menuntut kita untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri dengan uang pas-pasan yang telah dititipkan oleh orang tua kita. Terkadang dalam keadaan kepepet alias uang sudah mulai habis (biasanya akhir bulan) kita dituntut untuk hidup hemat sampai orang tua kita mengirim uang lagi.
   
      6.  Menjadikan kita ber Akhlakul Karimah
    Di zaman sekarang ini sikap anak-anak semakin buruk akibat pengaruh dari budaya barat. Oleh karena itu di pesantren setiap santri dididik untuk menjauhi dari segala pemaksiatan agar para santri tidak terkena sisi negatif dari arus globalisasi.
      
      7.  Jalan masuk syurga
    Setiap santri para santri melakukan kegiatan ibadah sepanjang hari seperti tahajud,dhuha,sholat witir dll. Hal itu merupakan kegiatan yang sangat sulit dilakukan jika kalian berada di rumah. Oleh karena itu tidak mustahil para santri akan mendapatkan ridho dari alloh sehingga mendapatkan syurganya. Aminnn……
   
      8.  Pencetak ulama ul’amilin
    Setiap ulama yang berada di penjuru negeri ini pasti pernah merasakan apa yang namanya nyantri. Karena jika seorang ulama tidak mesantren terlebih dahulu maka dia tidak akan mendapatkan bekal untuk menjadi seorang ulama yang mana bekal-bekal terebut berada di pesantren.
   
       9.  Menjadikan anak sholeh
    Memang di zaman sekarang ini sangat sulit untuk mendidik seorang anak menjadi anak yang sholeh dan rajin beribadah. Karena itu memasukan anak anda ke pesantren adalah cara yang terbaik bagi para orang tua untuk menjadikan anaknya menjadi anak yang sholeh.
       
      10. Melatih kedewasaan 
    Di setiap pesantren banyak santrinya yang masih kecil seperti seumuran SMP bahkan ada yang masih SD. Tapi meskipun begitu karena kehidupan yang jauh dari orang tua dan terbiasa melakukan kegiatan sehari-hari oleh sendiri secara otomatis membuat mereka bersikap lebih dewasa. 

       11.Melatih kita untuk pandai berbicara
       Salah satu penyebab orang Indonesia gagal dalam meraih kesuksesan adalah ketidakmampuan dalam berkomunikasi meskipun orang tersebut pintar. Tapi di pesantren setiap hari santri dilatih untuk bisa berbicara di depan banyak orang sebagai bekal dakwah nanti di masyarakat. Hal itu berjalan dengan baik karena adanya program-program di pesantrenyang dapat melatih keberanian setiap santri.
1   
           12.  Memudahkan dalam hafalan pelajaran
           Bagi santri di pesantren boarding school (pesantren dan sekolah) pasti akn sangat kesulitan karena harus menghafal pelajaran pesantren plus pelajaran sekolah. Tapi hal tersebut adalah cara yang baim karena dengan begitu akan menambah semangat belajar para santri dan membuat mereka semakin giat. 

           13. Mengikat tali silaturahmi
      Di setiap pesantren pasti memiliki santri dari berbagai macam kota dan provinsi di Indonesia. Tapi keadaan seperti itu dapat di persatukan dalam suatu tempat dimana kita dapat mempersatukan tali silaturahmi kita kepada saudara seagama kita di kota lain. 

      14. Belajar mengatur waktu dengan baik
     Seperti yang telah diketahui bahwa kegiatan di pesantren sangatlah padat. Karena itulah setiap santri ditekankan untuk bisa mengatur waktu dengan baik, antara mendahulukan kegiatan yang lebih penting daripada yang kurang penting. 

      15. Mencetak calon pemimpin adil
    Pada zaman sekarang ini sangatlah sulit untuk mencari seorang pemimpin yang adil dan lebih mementingkan rakyatnya. Karena kebanyakan pemimpin sekarang adalah orang yang licik dan pintar dalm bersandiwara. Tapi jikalau seorang santri maju untuk menjadi seorang pemimpin, maka insyaallah pemimpin tersebut akan menjadi pemimpin yang adil. 

      16. Membiasakan hidup melakukan ibadah
     Hal yang dilakukan oleh santri adalah ibadah, ibadah dan ibadah. Kenapa begitu? Karena hal tersebut secara tidak langsung akan membuat kita terbiasa melakukan ibadah seperti sholat berjamaah dan membaca alqur’an meskipun kita sedang libur kerumah atau pun sudah keluar dari pesantren.

"ihat juga : Fadilah melaksanakan sholat tarawih"  



17. Menimbulkan potensi dari setiap santrinya
Setiap orang pasti memiliki keahliannya masing-masing. Tapi terkadang keahlian seseorang tidak dapat tersalurkan karena rasa malu dirinya. Tapi dipesantren keahlian seseorang muncul sendiri karen di pesantren banyak hal-hal yang mendukungnya seperti kerjasama dengan teman yang mempunyai bakat yang sama dan bimbingan dari para senior.
       
      18. Sistem penyebaran agama islam terbaik
      Di zaman Rasululllah SAW sistem penyebaran islam dilakukan dengan cara berdakwah dan memerangi kaum yang ingkar. Namun jika metode tersebut dilakukan pada zaman sekarang ini maka akan menemukan banyak kesulitan. Oleh karena itu cara terbaik dalam mengembangkan  agama islam adalah dengan cara menciptakan generasi islam yang berakhlak dan berilmu dengan cara memasukannya ke pesantren. 
       
      19.  Akan membuat negara Indonesia lebih maju
      Dibandingkan dengan sistem pendidikan yang dijalankan di sekolah-sekolah formal sistem pendidikan yang dijalankan di pesantren adalah sistem pendidikan terbaik karena metode, cara pengajaran dan program-program yang dijalankan lebih baik dari pada disekolah-sekolahan. Karena itulah jika pendidikan berbasis pesantren dianjurkan bahkan diwajibkan di Indonesia maka Insyaalloh Indonesia akan menjadi negara yang lebih maju karena memiliki generasi muda yang lebih berkompeten. 

      20.  Akan menjadi kenangan terbaik dalam hidup kita
        Hidup memang akan terus berjalan dan hanya takdir Alloh yang akan memutuskannya. Namun jika pada goresan hidup kita sempat diisi oleh kehidupan di pesantren maka kenangan tersebut tidak akan pernah terlupakan sampai kapanpun. Bahkan kenangan tersebut dapat menjadi kenangan yang paling berkesan bagi kita karena hitam putih kehidupan yang pernah terjadi ketika masa-masa di pesantren.

Itulah diantaranya keunggulan-keunggulan pesantren yang moga saja dapa menginspirasi dan memotivasi kalian semua untuk dapat merasakan bagaimana rasanya kehidupan di pesantren.

Wassalamualaikum Wr Wb




20 keunggulan-keunggulan pesantren dibandingkan pendidikan formal 20 keunggulan-keunggulan pesantren dibandingkan pendidikan formal Reviewed by Unknown on Sunday, August 28, 2016 Rating: 5
Powered by Blogger.